Pages

Thursday, March 11, 2010

Apa itu noni juice?

Mungkin banyak diantara kita yang bertanya-tanya, apa itu noni juice. Sama seperti dengan saya, ketika pertama kalinya saya diperkenalkan noni juice khususnya JAVANONY. Maklum saya belum pernah mendengar istilah tersebut, entah karena kurang gaul atau apa ya? Saat itu yang terbayang di kepala saya ketika mendengar nama noni juice adalah seorang anak kecil yang punya panggilan noni. Lalu juice macam apakah itu? Hehe ... kedengaran ndeso sekali ya? hehee ...

Ternyata eh ternyata noni itu di Indonesia disebut mengkudu atau pace. Nah, kalau mengkudu atau pace saya pasti tau. Jadi noni juice itu bahasa sederhananya adalah sari buah mengkudu. Diantara kita mungkin banyak yang pernah mendengar sari buah mengkudu atau bahkan pernah mengkonsumsinya.

Sari buah mengkudu mulai banyak dikonsumsi masyarakat ketika awal tahun 2000. Buah mengkudu atau buah noni memang banyak dikonsumsi khususnya penduduk di daerah tropis. Karena di daerah inilah banyak menyebar tanaman noni. Mulai dari Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Fiji, Kepulauan Tahiti hingga Hawai di Pasifik.

Buah noni telah sejak lama digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit khususnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, infeksi saluran pencernaan, saluran pernapasan dan nyeri sendi.Untuk kita orang Indonesia, mungkin tidak asing dengan buah mengkudu atau noni ini. Buah dengan bentuk yang menurut saya  aneh  ini, ternyata menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat kepulauan Pasifik dari zaman dahulu karena memberi khasiat yang menyehatkan.

No comments:

Post a Comment